..:: Selamat Datang Di Web Blog Alumni Madrasah Aliyah Negeri Tuban ::..

Minggu, 14 Februari 2010

Urgensi Sebuah Ikatan Alumni

ARTI FILOSOFIS SEBUAH IKATAN ALUMNI MADRASAH ALIYAH NEGERI TUBAN
Oleh : Muhammad Rouf*

Apakah sebuah Ikatan Alumni MALNET itu ?
MAN Tuban adalah salah satu Center of Islamic Studies di Tuban setelah MAN Rengel yang merupakan Sekolah Menengah Atas Negeri yang bercirikan Islam dibawah naungan Departemen Agama. Dalam perkembangannya, MAN Tuban mengalami banyak sekali kemajuan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Mulai dari insfratuktur pembelajaran, tenaga pengajar, sistem regulasi/tata tertib siswa dan kemajuan-kemajuan lainnya di bidang akademik.
Dari sekian banyak perkembangan yang dialami MAN Tuban menuju sekolah yang profesional dan berkualitas ini, madrasah telah menelurkan banyak sekali alumni yang kredibilitasnya tidak dapat diragukan lagi. Berangkat dari sebuah kegelisahan dan adanya kecenderungan untuk berkumpul dan berinteraksi antar alumni MAN Tuban, maka tercetus sebuah ide untuk membentuk sebuah komunitas alumni MAN Tuban yang terlembagakan dalam sebuah organisasi formal.


Ikatan Alumni MAN Tuban adalah organisasi yang nantinya diharapkan dapat menjadi wadah bagi segenap alumni MAN Tuban untuk melanggengkan tali sillaturrahim dan menuangkan gagasan cemerlang serta memberikan bantuan teknis bagi kemajuan dan perkembangan MAN Tuban menuju sekolah yang unggul dalam bidang akademik dan unggul dalam akhlaqul karimah.
Dalam perkembangannya, ikatan alumni ini baru dalam tahap konsolidasi dan pembentukan koordinator angkatan. Dari tiap lulusan yang telah berhasil berkoordinasi saat ini barulah angkatan 2003 sampai dengan 2009 dan ditambah dngan alumni tua angkatan 1984 sampai dengan tahun 90-an. Mengingat pentingnya untuk dilakukan segera pembentukan kepengurusan, maka berangkat dari dua kelompok alumni angkatan ini akan dibentuk pengurus ikatan alumni melalui rapat anggota atau sidang pleno. Apabila dalam perkembangannya berhasil dilakukan konsolidasi kepada alumni yang lebih luas, keangotaan kepengurusan dapat ditambahkan lagi . Oleh karena itu, kesatuan misi sangat kita harapkan kepada semua alumni untuk merapatkan diri dan bergabung dalam ikatan alumni MAN Tuban yang tercinta ini.
Apa Nilai Positif dari Terbentuknya Ikatan Alumni MALNET?
Dalam sebuah ayat Al Qur'an surat Al Hujurat ayat 13, di dalamnya terkandung makna yang sangat dalam tentang sebuah persaudaraan. Penciptaan manusia oleh Allah Swt yang berbangsa-bangsa dan bersuku-suku ini tiada lain adalah agar kita umat manusia dapat saling mengenal. Di sini dapat ditarik pengertian bahwa umat manusia di dunia ini seharusnya saling mengenal satu sama lain dan menjalin hubungan baik diantara mereka. Hal ini diperkuat dengan hadits Nabi yang menjelaskan bahwa sebaik-baik manusia adalah dia yang paling bermanfaat bagi orang lain. Bukan sebaliknya, saling bermusuhan dan menebar kebencian satu sama lain dengan alasan perbedaan suku, agama, organisasi dan sebagainya. Sesungguhnya sebuah perdamaian dan hubungan baik itu akan membawa kepada kemudahan dan ketenteraman hidup, begitu pula dengan organisasi alumni Madrasah Aliyah Negeri Tuban.
Organisasi Ikatan Alumni MAN Tuban ini memiliki nilai-nilai positif untuk mewujudkan cita-cita luhur tersebut, baik untuk para alumni dan lembaga MAN Tuban sendiri. Terbentuknya organiasasi ini dapat menjadi wadah untuk saling berinteraksi antar alumni MAN Tuban dan antar alumni dengan sekolah. Semangat kebersamaan yang tercipta ketika menimba ilmu di bangku MAN Tuban ini akan semakin tumbuh dan terjalin hubungan persaudaraan yang tidak dapat dipisahkan oleh suatu apapun. Selain itu, apabila terdapat alumni yang kesulitan dalam masalah pekerjaan, perkuliahan ataupun sebagainya, mereka dapat saling memberi informasi dan memberi solusi mengenai hal tersebut. Melalui wadah ini juga akan dapat dihimpun dana sosial untuk digunakan dalam memenuhi kebutuhan organisasi ataupun untuk membantu alumni yang sangat membutuhkan.
Kontribusi yang akan diberikan ikatan alumni ini kepada MAN Tuban besar sekali. Antara lain dengan banyaknya alumni MAN Tuban yang menempuh studi di perguruan tinggi negeri maupun swasta dapat membantu sekolah untuk memberikan motivasi sebagai pendorong semangat kepada para siswa MAN Tuban untuk lebih berusaha keras mengejar cita-cita mereka. Hal ini dilakukan dalam bentuk brieving perguruan tinggi yang dilakukan tiap tahun. Di samping itu, apabila sekolah mendapat kesulitan dalam mengusahakan dana untuk mengembangkan insfratuktur sekolah, alumni dapat membantu dengan menghimpun dana sosial dari tiap angkatan alumni yang dapat membantu kekurangan dana yang dialami sekolah.
Kita berharap banyak pada terbentuknya Ikatan Alumni MAN Tuban, karena wadah ini adalah sebagai ajang untuk saling memberi manfaat satu sama lain. Semoga dalam proses pembentukan organisasi ini berjalan dengan lancar sesuai harapan bersama baik untuk alumni, siswa MAN Tuban dan pihak sekolah. Kami mohon kepada seluruh alumni MAN Tuban untuk bersatu bersama-sama mewujudkan cita-cita mulia ini. Wallahu A'lam bis Showab !!!!!!
* Penulis adalah alumni MAN Tuban lulusan Tahun 2007, sekarang masih menimba ilmu di IAIN Sunan Ampel Surabaya program sarjana (S1) jurusan PBA Fakultas Tarbiyah.

0 komentar:

Posting Komentar | Feed

Posting Komentar